Kumpulan Jurnal Kimia untuk Program Studi Kimia Non Kependidikan

Senyawa Antibakteri Golongan Flavanoid dari Buah Belimbing Manis (Averrhoa carambola Linn.L)

diposkan oleh Unknown , di 2:56:00 AM , dengan 0 komentar
Belimbing Manis (Averhoa carambola) - jurnalkimia.blogspot.com
Oleh:
I M. Sukadana

Institusi:
Kelompok Penelitian Kimia Organik Bahan Alam
Jurusan Kimia FMIPA Universitas Udayana, Bukit Jimbaran.

Abstrak:
Telah dilakukan penelitian tentang isolasi dan identifikasi senyawa aktif antibakteri dari buah belimbing manis (Averrhoa carambola Linn). Sebanyak 140,56 g ekstrak kental methanol diperoleh dari 10 kg buah segar belimbing manis. Ekstrak metanol tersebut dilarutkan ke dalam campuran metanol-air (7:3) selanjutnya dipartisi berturut-turut dengan pelarut n-heksana dan kloroform, sehingga menghasilkan berturut-turut ekstrak n-heksana 0,10 g, ekstrak kloroform 0,07 g dan ekstrak air sebanyak 48,01 g. Uji fitokimia flavonoid dari semua ekstrak kental yang diperoleh menunjukkan bahwa air yang paling positif flavonoid.
Hasil pemisahan dengan kromatografi kolom terhadap ekstrak air diperoleh fraksi FB positif flavonoid dengan berat sekitar 0,2027 g yang berwarna orange. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa isolat (fraksi FB) merupakan senyawa golongan katekin dengan kemungkinan memiliki gugus hidroksil pada C-3, C-7, dan C-4’, serta mempunyai gugus fungsi –OH, C-H aromatik, C-H alifatik, C=C aromatik, C-O alkohol dan tidak mengandung gugus karbonil C=O. Isolate dapat menghambat pertumbuhan bakteri E.coli pada 100 ppm dan S. aureus pada 500 ppm.

Kata kunci: Averrhoa carambola Linn., flavonoid, antibakteri, isolasi, identifikasi

Senyawa Antibakteri Golongan Flavanoid dari Buah Belimbing Manis (Averrhoa carambola Linn.L)
Tentang
Senyawa Antibakteri Golongan Flavanoid dari Buah Belimbing Manis (Averrhoa carambola Linn.L) - Diposkan Oleh Unknown , di 2:56:00 AM, Jurnal Biokimia , Kimia Organik Bahan Alam . dengan 0 komentar
0 komentar Beri komentar
Bck
Cancel Reply

Pengikut

Blog Archive

Copyright ©2014 Jurnal Kimia by
Designed by Damzaky - Published by Proyek-Template